14 November 2011

Mercedes-Benz Tambah Kekuatan Mesin

Rental Mobil Medan - Pengembangan mesin yang dilakukan Mercedes-Benz sepertinya benar-benar serius. Belum lama produsen mobil mewah asal Jerman tersebut mengumumkan akan 'membangunkan' kembali kejayaan mesin enam silinder segarisnya. Kini jantung pacu tipe V6 akan menerima 'perangsang' tenaga tambahan.

Program penambahan tenaga ini menggunakan peranti turbo ganda yang akan menemani mesin V6 berkapasitas 3.5-liter. Pihak Mercedes mengklaim bakal ada peningkatan daya hingga 335 PS dan torsi mencapai 400 Nm. Mesin sejenis tanpa komponen turbo yang saat ini beredar (SLK350 dan C350 Coupe) hanya bisa menghasilkan tenaga 301 PS dan torsi 370 Nm.

Bukan hanya peningkatan tenaga saja yang menjadi pertimbangan Mercedes kali ini, efisiensi bahan bakar juga ikut diperhitungkan. Berdasarkan informasi orang dalam Mercedes, mesin tersebut memiliki konsumsi bahan bakar 14,2 km/liter. Sebagai perbandingan, tanpa turbo, 1 liter bensinnya hanya mampu menempuh 12 km saja.

Model yang akan menerima mesin baru tersebut antara lain, keluarga E-Class (sedan, coupe dan wagon), CLS, S-Class, ML-Class dan GL-Class. Sementara mesin yang tidak dilengkapi turbo masih tetap digunakan pada C-Class Coupe dan SLK Roadster. KOMPAS