17 November 2012

Penentuan Premi Asuransi Jiwa

Latar Belakang
Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
Asuransi jiwa (life insurance) adalah asuransi yang bertujuan menanggung orang terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggal atau usia lanjut. (Salim, A., 2007: 25)

Menurut M. Syakir Sula dalam buku Asuransi Syariah, 2004: 33, dalam Islam asuransi sering disebut dengan at-takaful (tolong menolong). Pengertian takaful adalah saling memikul risiko di antara sesama orang sehingga antara satu dengan yang lainnya menjadi penanggung atas risiko yang lainnya. Saling pikul risiko ini dilakukan atas dasar saling menolong dalam kebaikan dengan cara masing-masing mengeluarkan dana tabarru’ yang ditujukan untuk menanggung risiko.

Dalam asuransi jiwa, risiko yang dihadapi adalah kematian dan usia lanjut. Hal ini tentu akan membawa banyak aspek apabila risiko yang terdapat pada diri seseorang tidak diasuransikan. Misalkan seseorang yang telah mencapai umur ketuaannya (old age) dan tidak mampu mencari nafkah maka ia akan membeli asuransi jiwa, risiko yang mungkin diderita dalam arti kehilangan kesempatan untuk mendapat penghasilan, akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Berdasarkan uraian di atas, asuransi jiwa begitu penting dan banyak manfaatnya. Menurut Herman Darmawi dalam buku Manajemen Asuransi , 2006: 73, asuransi jiwa juga memiliki kelebihan jika dibandingkan asuransi lainnya.

Asuransi jiwa mempunyai fungsi tambahan yaitu fungsi tabungan, kecuali asuransi jiwa berjangka. Premi yang telah dibayarkan untuk asuransi jiwa oleh tertanggung merupakan suatu akumulasi pembayaran yang pada akhirnya akan merupakan dana investasi yang akan diserahkan oleh pihak penanggung kepada pihak tertanggung. Jadi peranan ganda asuransi jiwa adalah perlindungan dan investasi atau tabungan.

Dalam asuransi jiwa cara penetapan nilai premi lebih sempurna dibandingkan yang lain, yaitu didasarkan pada besar nilai harapan pembeli polis akan hidup, suku bunga dan nilai manfaat yang akan diterima oleh pembeli polis.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka analisis anuitas sesuai untuk penentuan premi pada asuransi jiwa. Perhitungan preminya didasarkan pada suku bunga tetap dan nilai manfaat. Pada akhir analisis akan diberikan contoh kasus untuk masing-masing asuransi.

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
Artikel Sebelumnya : Penentuan Premi Asuransi Jiwa
LIFARA MARGARETA
NIM. 06510055

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM
MALANG
2010

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia